Mengenal NetCut


Anda pasti pernah menggunakan internet bersama-sama dengan orang lain baik itu teman sendiri ataupun orang asing lainnya. Pernahkah suatu hari ketika Anda sedang browsing tiba-tiba Anda melihat pengguna internet lain begitu kesal karena koneksi yang putus-putus dan hanya tersisa seseorang dengan wajah bahagia? Anda mulai curiga dengan dia? Bisa jadi dia adalah seorang pengguna aplikasi NetCut.


Apa itu NetCut?

NetCut merupakan singkatan dari Network Cut yang berarti menghentikan atau memutuskan koneksi pada jaringan. Aplikasi ini bekerja dengan menjadikan personal komputer menjadi gateway sehingga pengguna memiliki hak bebas untuk mengatur masuk dan keluarnya pengguna lain. Cara kerja NetCut adalah menggunakan metode ARP (Address Resolution Protocol) poisoning, maksudnya adalah mengirimkan banyak paket ARP dengan isi yang bersifat fiktif melalui default gateway. 


Cara menggunakan NetCut

Lalu bagaimana jika Anda ingin bertindak sebagai pengguna aplikasi? Dengan maksud negatif? Tentu tidak. Pada dasarnya aplikasi ini dibuat agar seorang Admin menjadi lebih mudah mengatur lalu lintas jaringan, tetapi banyak orang yang menggunakan aplikasi ini untuk aktivitas ilegal.

Cara menggunakan NetCut cukup sederhana. Cukup pilih sebuah Host yang tampil pada aplikasi NetCut kemudian klik Cut Off, maka koneksi korban akan terputus.

Pemutusan koneksi bisa terjadi secara langsung bila tidak mengalami delay.


Cara Mengatasi NetCut

Bagaimana kalau Anda berada diposisi korban pelaku NetCut? Apakah ada cara untuk mengatasinya?
Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi pengguna NetCut :
  • Melakukan pergantian IP Address dan nama Host adalah salah satu langkah yang baik. Bisa dilakukan juga dengan cara restart komputer atau dengan cara manual. Bila saat Anda terhubung dengan jaringan lain dan menemukan adanya pesan error IP Address conflict maka artinya pelaku netcut sedang melakukan spoofing pada IP Address terhadap Anda.
  • Menggunakan aplikasi seperti Anti-NetCut atau NetCutDefender, StopCut, dan lain sebagainya.


Cara Mengetahui Siapa Pengguna NetCut

Cara yang cukup merepotkan adalah melakukan ping terhadap semua IP Address yang tersedia. Bila pesan menunjukan "Request Time Out" maka pemilik IP Address tersebut kemungkinan besar bukan pengguna NetCut dan sebaliknya bila ping berhasil maka hampir 99% bisa dipastikan orang tersebut adalah pelaku. Kemana 1% lagi? Jawabannya, tidak ada sistem yang sempurna bukan?
Cara kedua adalah dengan pencocokan MAC Address yang bisa dilakukan dengan perintah arp -a pada CMD. Bila MAC Addressnya sama berarti dialah penggunanya. Dengan perintah tersebut bisa juga menunjukkan adanya pengguna NetCut bila terdapat 2 default gateway.

Cara ketiga adalah bila dalam satu ruangan, lihatlah wajah orang yang paling bahagia diantara wajah orang kesal, bukan berarti Anda langsung menghakimi orang tersebut tanpa penyataan dan bukti yang jelas.


Manfaat NetCut

Adapun manfaat dari aplikasi NetCut antara lain:
  • Mengatur lalu lintas pengguna suatu jaringan yang sama.
  • Mengetahui informasi komputer pengguna pada jaringan seperti IP Address, Hostname, MAC Address.
  • Menjahili teman :)
Sekian ulasan tentang NetCut, semoga bermanfaat untuk kita semua. Saran saya adalah gunakan aplikasi seperti ini untuk hal-hal yang lebih membangun dan positif tentunya, misalnya menguji kesabaran seseorang.
Share on Google Plus

About ./A

Blog tentang teknologi dan informatika.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar