Apa itu Internet of Things?


Anda sering mendengan kata Internet of Things atau yang sering disingkat menjadi IoT? Tapi, tahukah Anda apa itu Internet of Things? Pengertian Internet of Things mengacu pada benda-benda disekitar yang saling terhubung dan berkomunikasi satu sama lain melalui jaringan internet. Definisi lainnya adalah benda yang dapat diidentifikasikan secara unik sebagai representasi virtual dalam struktur berbasis internet.

Asal kata "Internet of Things"?

Kenapa ada kata "Internet of Things"? Darimana asalnya? Kata "Internet of Things" diusulkan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 dan mulai terkenal melalui Auto-ID Center di MIT. Kini IoT menjadi salah satu tugas bagi seorang mahasiswa di sebuah perguruan tinggi. (Dikutip dari : Wikipedia)

Contoh Nyata Internet of Things?

Lalu apa contoh implementasi dari Internet of Things yang mungkin sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari? Salah satu contohnya adalah alat Smart Controller.
Ninja Sphere Smart Controller
Benda konvensional seperti ini pasti Anda tahu, salah satu jenis biasanya adalah termohigro yang digunakan untuk mendeteksi suhu dan kelembaban ruangan. Lalu, bagaimana jika aplikasi konvensional ini dipadukan dengan Internet of Things? Ya, contohnya pada alat bernama Ninja Sphere. Alat ini merupakan wadah yang mampu melakukan integrasi dengan alat pintar seperti sensor suhu, kelembaban, dan lain sebagainya.

Ninja sphere mampu memperoleh seluruh data sensor yang tersedia ketika terkoneksi dengan internet. Bila suatu hari terjadi korsleting listrik yang menyebabkan kebakaran, maka Ninja Sphere akan menerima data peningkatan suhu secara mendadak. Kemudian, Ninja Sphere akan menyampaikan notifikasi ke ponsel pintar Anda. Pencegahan yang luar biasa bukan? Adapun contoh sederhana lainnya seperti menghidupkan / mematikan lampu dengan cara menepuk tangan.


Berikut video tentang IoT-A



Bagaimana? Apakah Internet of Things sudah menarik perhatian Anda? Semoga ulasan ini bermanfaat untuk pengetahuan kita mengenai Internet of Things. Bukan tidak mungkin, suatu hari IoT akan mendominasi dalam aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Share on Google Plus

About ./A

Blog tentang teknologi dan informatika.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar