Apa itu Virtual Reality?


Apa yang dimaksud dengan Virtual Reality? Virtual Reality atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Realitas Maya adalah teknologi modern masa kini yang mampu melakukan visualisasi objek menjadi 3D sehingga objek tersebut seolah-olah adalah nyata. Virtual Reality sendiri berkembang sangat pesat dalam berbagai bidang seperti medis / kedokteran, game, teater, arsitek, desainer, dan berbagai kegiatan simulasi lainnya.

Salah satu contoh penerapan Virtual Reality dalam bidang game pada video berikut.


Bagaimana Bentuk Perangkat Virtual Reality?

Beberapa perangkat dari Virtual Reality seperti yang ditampilkan pada video diatas adalah helm, remote atau sarung tangan, walker, dan headset. Adapun fungsi dari perangkat helm untuk menampilkan objek simulasi secara visual sehingga lingkungan tampak realistis. Perangkat ini juga bisa dipadukan dengan perangkat headset untuk memperoleh kualitas suara yang lebih nyata. Salah satu contoh perangkat helm Virtual Reality adalah Oculus.

Virtual Reality Helm

Perangkat remote atau sarung tangan Virtual Reality berfungsi sebagai pengendali atau control terhadap pergerakan tangan dan badan pada dunia virtual.

VR Remote Control
VR Glove
Perangkat walker berfungsi sebagai wadah atau media untuk bergerak ke tempat lainnya secara virtual tanpa harus bergerak pada ruang sebenarnya.

VR Walker
Jadi apakah Anda tertarik untuk mencoba merasakan sensasi dunia realitas maya? Semoga ulasan ini menambah pengetahuan kita mengenai Virtual Reality. Dalam waktu yang tidak lama, percayalah bahwa realitas maya akan menjadi salah satu teknologi luar biasa yang sangat dibutuhkan untuk berbagai kepentingan di dunia khususnya dalam komunikasi dan interaksi lintas ruang, jarak, dan waktu.
Share on Google Plus

About ./A

Blog tentang teknologi dan informatika.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar